my graduation

my graduation

Sabtu, 23 Januari 2016

Kisah Inspiratif 20 (Jatuh Cinta Sama Dosen(?))

23 Januari 2016



Pagi, Pembaca :D
Judulnya nyeremin ga sih? Engga kan ya? haha. Ya.. tenang aja. Ini bukan jatuh cinta kayak yang kalian pikirin kok.

Jadi, semester satu ini, ada mata kuliah yang namanya, Pengantar Filologi. Awalnya juga aku gatau ini pelajarannya kayak apa, karena emang baru denger.
Ternyata, semacem pelajaran tentang naskah-naskah lama gitu. Awal masuk mata kuliah ini juga, beuuh, pusing! Ga paham. Mana bahasnya soal teks-teks dan sejarah masa lalu gitu kan. Duuh, Rosyda yang naskah baru aja banyak yang gatau apalagi naskah-naskah yang lama. Pertemuan pertama tu aku masih inget banget, bete abis. Gara-gara ga paham. Dari situ, aku udah kayak ga suka gitu deh sama Filologi.

Tapi seiring berjalannya waktu, pas pertemuan kedua ato ketiga aku lupa, dosennya ngasih liat buku yang beliau bikin sendiri. Wiih kece badai! Kertasnya bagus, licin gitu. Trus ada gambar-gambarnya juga, berwarna. Baguus. Hehe. Emang sih rada mahal. Tapi ya, sebanding lah orang isinya bagus gitu. Terus pertemuan-pertemuan berikutnya, gatau kenapa aku mulai paham alur ceritanya. Karena Filologi ini dosennya emang jelasinnya kayak model cerita gitu. Dan Alhamdulillah, makin hari aku makin paham sama mata kuliah ini.

Nah terus, suatu hari kita kuliah lapangan. Yah, walaupun udah ga di pondok ya-yang jarang keluar-aku tetep seneng sama yang namanya jalan-jalan bareng. Ahihihi. Pake bus gitu, ke Museum Kirti Griya sama Pura Pakualaman. Nah, di sana kita liat-liat naskah lama, trus juga liat batik-batik. Oiya, naskah-naskah lama itu meskipun aku ga ngerti maksut tulisannya, tapi isinya keren! Gambarnya baguus dan warnanya awet banget padahal udah puluhan tahun! kita sempet main tebak-tebakan iluminasi(gambar disekitar naskah)juga di Pura Pakualaman. Asiiik. Terus juga ada batik yang baguuuus bangeeet. Katanya harganya sampe 25 juta lebih! Weew. Keren kan?? Dan kabar baiknya.. dapet snack dan makan siang. Wahahaha. Mana elit pula. Snack nya apa ya aku lupa. Tapi makan siangnya bale bakaran kalo ga salah inget. Asik banget ga siih? Wkwk.

Oh ya, ada salah satu yang sangat menginspirasi dari dosenku ini. Beliau kalo ngomong tu berwibawa banget. Setiap katanya tersusun rapi dan terstruktur, mudah dipahami. Mantep banget gitu kalo ngomong. Beh suaranya juga luar biasa!
Apalagi pas di Pura Pakualaman, dosenku ini ada bacain naskah yang masih pake Bahasa Belanda. Beeeh, perlu kalian ketahui, beliau ngomong biasa aja luar biasa, apalagi ngomong Bahasa Belanda ! Duh duh duuh, bikin jatuh cinta! wkwk. Maksutnya keren banget gitu.. Berwibawa banget pokoe !
Terus, oiya. Yang menginspirasi tadi, selain karena kalo ngomong itu berwibawa banget, setiap kata yang keluar dari lisan beliau itu entah kenapa selalu positif. Beliau aja bilang mempengaruhi itu menginspirasi. Trus apa lagi ya waktu itu aku lupa, pokoknya, selalu positif-positif. Sukaaa :D

Terus beliau juga sering nasehatin kita. Ah keren banget pokoknya. Oh ya satu lagi. Aku senengnya sama beliau ini, beliau ini disiplin banget. Selalu masuk. Kalo ga masuk, pasti nanti di ganti di hari lain. Jadinya materi kita habis sebelum UAS. Dan baiknya juga, beliau ini kalo ngasih soal ya yang ada di buku,ato ga,yang pernah beliau sampein di kelas.

Oya selingan, beliau juga nih yang bikin aku kalo pas mata kulaih filologi jadi ada bakat dokter. Tau ga kenapa? Tulisanku jelek! Wkwk. Karena metode penyampaian beliau ini pake cerita, jadi mau ga mau kudu nulis cepet. Dan di situlah bakat dokterku muncul. Wkwk.

Oke lanjut tadi sampe.. o ya! Nah, jadi beliau ga pernah nih asal bikin soal gitu aja. Kalo pun ga ada di buku, pasti pernah di jelasin sama beliau via lisan. Terus soal, nilai. Nilai yang di kasih beliau ke mahasiswanyanya juga sesuai. Ya karena emang jawabannya pasti kan-kalo ga di buku ya dijelasin-jadi ya nilainya sesuai.

Nah, dari semua ini, gatau kenapa aku jadi pengen kalo nanti jadi dosen kayak beliau. Berwibawa, santun dan mantep banget ngomongnya. Disiplin, ga asal dateng ato engga seenaknya, dan ngasi soal sesuai dengan apa yang memang diajarkan. Dan satu lagi, jago ngomong Belanda !
Ah, kalian harus percaya pokoe, beliau kalo ngomong Bahasa Belanda luar biasa ! Bikin jatuh cintaaaa. Wkwkwk :DD

Oke deh, segini aja. Pokoe dosen Filologiku ini sangat menginspirasi! Terima kasih atas segalanya, Pak! semoga Bapak senantiasa sehat, panjang umur dalam kebaikan, dan sukses selalu :D

Nah, kalian yang mau jadi dosen, yuk jadi dosen yang bijak :D
Salam #MudaMenginspirasi !

Note : mau tau siapa dosenku ini? Main dong ke Fakultas Ilmu Budaya UGM :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar